Apakah Aku Ibu Yang Pemarah?

Dalam 1 pekan ini ibu mulai mindful mengatur emosi dan hari-hari supaya lebih tertata dan terasa dengan baik. Dalam 1 pekan ini, hari ini pertama kalinya ibu marah-marah lagi. Ibu langsung melabeli diri ibu sendiri dengan, "tuh kan aku tuh emang ngga bisa deh nahan emosi, emang bisanya marah-marah aja."

Tapi, adil ngga sih sama diri sendiri? Melabeli diri sendiri dengan hal yang belum valid kebenarannya. Coba bayangin dong, Bu Gita. Dalam 7 hari, Ibu satu kali marah-marah, yang temponya ga lebih dari 1 jam. Dalam 7 hari, marah-marahnya cuma 1x, kan bukan tukang marah-marah aja dong jadinya.


Pagi ini bangun kesiangan, jam 5 baru bangun karena mindset di kepala udah bikin statement duluan bahwa hari ini masih menstruasi jadi bisa lebih tenang. Taunya bablas.

Begitu bangun, langsung bangunin Sekar, dan Sekar langsung marah-marah.

"Ibu maah, kenapa aku telat dibanguninnya. Ibu jeleeeek!"

Terus aja kata-kata 'ibu jelek' 'ibu jelek' diulang-ulang, sampe ibu kesel dengernya. Ibu keluar kamar, terus manasin air buat mandi Sekar sama Galang. Sekar udah tau kesiangan, bukannya bangun, malah tidur lagi. Yaaah anak 6 tahun, berharap apa ya sama anak 6 tahun. Ngga mungkin juga dia tau kesiangan langsung sigap lompat turun dari kasur.

Begitu airnya mateng, bangunin Sekar lagi. Dia ngga marah-marah, tapi males-malesan. Sampe Galang bangun, Ibu nyuruh Galang mandi duluan, Sekar malah marah-marah lagi. Untung Galang mau ngalah mandi belakangan. Sambil nunggu Sekar mandi, Ibu masak sarapan.

"Anak-anak, Ibu mau bikin nasi goreng. Kalian mau nasi goreng pake kecap atau putih?"

"Sekar putih."

"Galang kecap."

Yaaaa selalu begitu, yang satu pengen apa, yang satunya lagi pasti pengen yang beda. Yaudah akhirnya dibikinin nasi goreng putih, Galang dikecapin di piring aja. Terus Galang rewel-rewel, ngga mau dikecapinnya di piring, maunya langsung di katel. Akhirnya, kembali dengan nyanyian......

"Aaaah, ibu mah jelek." Gitu kata Galang.

Kesel banget dikatain jelek terus-terusan, tadi pagi sih ngerasanya gitu. Kalau sekarang nginget2 lagi, yaelaa ngapain ditanggepin ya. Mereka mah meracau doang.

Terus Galang udah mandi, Sekar udah mandi, sarapan udah siap di meja, ibu cuci tangan mau makan. Begitu balik, ternyata Galang lagi nuangin kecap ke nasi goreng TAPI BANYAK SEKALI. Jadi kuah kecap. Emosi ya Allah, disulut terus-terusan dari pagi. Melihat hal yang tidak sesuai keinginan kita. Akhirnya Ibu meledak. Ibu melempar piring sampe pecah berkeping-keping. Padahal itu piring melamin plastik loh, bisa pecah gitu berarti sekuat apa tenaga ibu waktu melempar?

Astaghfirulloh......

Ibu cerita disini bukan untuk membenarkan perilaku ibu. Bukan juga membanggakan apa yang dilakukan. Ibu catat sebagai jurnal bahwa Ibu pernah melalui hal-hal ini, dan ibu pernah berhasil atau tidak keluar dari kesulitan ini. Suatu saat ibu baca lagi, atau Sekar dan Galang baca ini, kita bisa bersama-sama belajar, atau meniru cara ini untuk keluar dari kesulitan yang sama jika berhasil.

1 detik setelah melempar, ibu paham bahwa ini salah. Ibu langsung berhenti bicara, mulut ibu kunci. Dan ibu langsung membereskan pecahan-pecahannya sampai bersih. Setelahnya ibu bilang sama Sekar dan Galang, "Ibu minta maaf ya, ibu marah-marah dengan tidak baik. Ibu butuh waktu buat sendiri dulu ya."

Akhirnya pagi-siang ini ibu isi dengan mencintai diri sendiri dulu. Caranya? Masuk kamar, tutup pintu, bilang sama anak-anak kalau ibu mau sendiri biar ngga marah-marah lagi. Di kamar ibu goleeeeer. Tanpa buka handphone, merem aja, mikirin yang terjadi dari pagi sampe saat itu, 'aku kenapa ya?' Lama-lama kerasa kalau ibu ternyata laper, dan ngantuk sekali.

Ibu ga mau susah-susah masak, akhirnya ibu gofood. Ibu beli ayam sama burger. Disclaimer dulu, sorry ibu ngga beli produk yang di boikot ya, tolong dicatat. Produk ayam goreng dan burger lokal juga enaaaaak. Anak-anak dibeliin kentang goreng, ibu juga beli es teh buat naikin dopamin alami.

Makanannya dateng, ibu makan dulu. Anak-anak juga makan, dan ternyata mereka juga laper. Yang satu minta dibuatin telor dadar, yang satu minta dibuatin telur orak-arik. Cuss lah bikinin dulu biar makan Ibu tenang. Akhirnya kita semua makan bareng, mereka makan sendiri-sendiri. Ibu makan dengan mindful, biarlah anak-anak makan sendiri sedapetnya nasi dan lauk yang masuk. Biar Allah yang kali ini take over mereka.

Abis makan, ibu izin masuk kamar lagi buat tidur. Ibu tidur, terus kebangun sama Sekar yang bilang mau ngaji. Sekar ngaji sendiri (online btw), ibu nerusin goler-goler lagi sampe ibu siap untuk bangun. Ternyata Galang daritadi tidur bareng disamping ibu, sementara Sekar kayanya main sendiri mungkin.

Ketika ibu siap untuk bangun, alhamdulillah ibu bangun dengan segar, mood yang baik. Langsung ibu ngejar pe-er yang tertunda dari pagi.

Nyuci piring. Cuci baju-jemur. Nyapu. Beresin rumah. Lipet baju. Terakhir, anak-anak mandi sore.

Alhamdulillah. Terimakasih ya Allah, dan maaf untuk hari ini. Tolong tutup aib-aibku hari ini di depan anak-anak. Tolong jaga supaya mereka ngga merekam momen buruk hari ini, semoga mereka hanya ingat yang baik-baik dari hari ini.

Sayang-sayang sama diri sendiri ya, Bu. Ibu tuh hebat loh, satu kali marah, ya walaupun marahnya tidak dibenarkan dan tidak baik, itu bukan berarti ibu gagal berubah. Ibu udah hebat loh, 7 hari ngga marah-marah. Anggap aja, hari ini setannya lebih kuat, ibu kurang dekat sama Allah, ibu kurang berdoa dulu sama Allah. Usir lagi yuk, Bu, setannya. Jangan mau dideketin setan lagi. Deketin temen-temen yang baik aja. Banyakin lagi dzikir dan doanya.

Bisa ya, Ibu. Aku sayaaaaaang banget sama aku. Aku hebat sekali, sudah berusaha berubah demi hidup aku yang lebih baik. Terimakasih ya Allah, karena Allah lah aku bisa sadar lagi, bisa semangat lagi. Allah Maha Kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yang Kamu Lihat, Belum Tentu Yang Kamu Lihat

Membuat Catatan Pengeluaran Rumah Tangga Sederhana

My Happiness Journal #13